Connect with us

CIREBON

Pasokan Avtur ke Bandara Kertajati 70 Kiloliter Per Hari

Published

on

General Manager Pertamina Marketing Operation Region III Tengku Fernanda

Jabarraya.com, Cirebon – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region menyatakan setelah adanya pengalihan penerbangan reguler dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Kertajati telah menyuplai avtur bagi sejumlah maskapai dan saat ini baru 70 kiloliter per hari.

“Seberapapun kebutuhannya kami upayakan untuk dapat mendukung Bandara Kertajati, agar dapat tumbuh dan terus berkembang sehingga menjadi Bandara penyangga di Jawa Barat,” kata General Manager Pertamina Marketing Operation Region III Tengku Fernanda di Majalengka, Selasa (10/9/2019).

Fernanda mengatakan pasokan avtur bagi penerbangan di Bandara Kertajati saat ini rata-rata per harinya 50 sampai dengan 70 kiloliter dan ini terjadi sudah dua bulan.

Namun pihaknya memastikan bahwa Pertamina terus mendukung kebutuhan avtur di Bandara Kertajati dan telah menyiapkan fasilitas pendukung Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) untuk memenuhi kebutuhan maskapai.

“Kami upayakan semaksimal mungkin pasokan avtur, di mana pasokan dari Terminal BBM Balongan dibawa ke DPPU menggunakan mobil tangki khusus avtur, yakni bridger berkapasitas 24 kiloliter,” ujarnya.

Setelah itu lanjut Fernanda, avtur ditampung dalam empat unit tangki modular berkapasitas masing-masing 20 kiloliter dan kemudian diisikan menggunakan mobil tangki khusus untuk mengisi ke pesawat atau disebut mobil tangki refueler.

Fernanda menyatakan jika dihitung secara volume, suplai avtur ke Bandara Kertajati masih relatif kecil, karena maksimal 70 kiloliter per hari atau sekitar 1,4 persen dibandingkan total pasokan di Bandara Soekarno Hatta.

“Bandara Kertajati akan menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia. Menyambut hal tersebut, kami juga telah menyiapkan peningkatan layanan dan fasilitas DPPU, dimana salah satunya untuk mengantisipasi penerbangan untuk umroh yang akan dilakukan dalam waktu dekat,” katanya. (kli)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CIREBON

Pemkot Cirebon – BBWS Sepakat Perindah Sempadan Sungai Tarik Turis

Published

on

Wali Kota Cirebon Nasruddin Azis

Cirebon – Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung bersepakat untuk menata dan memperindah sempadan sungai Cikalong hal ini dilakukan guna menarik wisatawan.

“Pemkot Cirebon dan BBWS sudah sepakat untuk membuat taman tematik di sekitar sungai Cikalong. Taman tematik ini juga berfungsi untuk penguatan senderan sungai,” kata Wali Kota Cirebon Nasruddin Azis di Cirebon, Kamis (19/9/2019).

Azis mengatakan pembuatan taman tematik juga harus memberikan efek positif bagi warga untuk dimanfaatkan sebagai daerah wisata dan diharapkan bisa menarik wisawatan.

Penataan itu juga sesuai dengan visi Kota Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah. Sehati kata Azis juga memiliki akronim Sehat, Hijau, Agamis, Tentram dan Inovatif.

“Harapan kita tentunya sungai juga akan membantu dan mendukung program pariwisata Kota Cirebon,” tuturnya.

Sementara Kabid Pelaksanaan Jaringan Sumber Daya Air Kementrian PUPR Dwi Aryani Semadhi K mengatakan pihaknya mengapresiasi Pemkot Cirebon yang mendorong perbaikan di sempadan Sungai Cikalong.

Perbaikan tentunya untuk mengembalikan fungsi sungai karena banyaknya masyarakat membuat bangunan di sepanjang sungai.

“Ini salah satu langkah untuk antisipasi pelanggaran tersebut. Kami ingin membuat daerah terbuka berupa taman yang terdiri dari jogging track, tempat kongkow dan lainnya,” katanya. (kli)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

CIREBON

KAI Cirebon Catat 45 Orang Meninggal Tertabrak Kereta

Published

on

Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif

Jabarraya.com, Cirebon – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, mencatat sebanyak 45 orang meninggal dunia akibat tertabrak kereta selama Januari hingga September 2019, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Selama 2019, di wilayah Daop 3 Cirebon telah terjadi 47 kali kecelakaan yang mengakibatkan 45 nyawa melayang,” kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif di Cirebon, Selasa (17/9/2019).

Dia mengatakan kecelakaan di perlintasan juga kerap terjadi lantaran tidak sedikit pengendara yang tetap melaju meskipun sudah ada peringatan melalui sejumlah rambu.

Kecelakaan itu terjadi baik di perlintasan sebidang resmi yaitu yang ada penjaganya maupun tidak ada penjaga sehingga perlu disadari semua pihak bahwa kereta api tidak bisa berhenti mendadak.

Menurutnya pada 2019 ini kecelakaan yang terjadi di wilayah operasi Daop 3 Cirebon meningkat dibandingkan tahun 2018 lalu, di mana untuk korban jiwa tercatat kurang dari 40 orang.

“Memang kejadian kecelakaan mengalami peningkatan dibanding tahun lalu,” tuturnya.

Luqman mengimbau semua pengguna jalan raya di perlintasan sebidang untuk lebih berhati-hati saat akan melintas.

“Selain itu pengendara wajib berhenti sejenak untuk memastikan kanan kiri aman tidak ada kereta yang lewat dan baru melanjutkan perjalanan,” ujarnya.

Kewajiban pengguna jalan juga termuat dalam UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian sebagaimana Pasal 124 yang berbunyi, Pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.

“Kami meminta pengguna jalan raya mengutamakan perjalanan kereta sesuai aturan yang berlaku demi keselamatan kita bersama,” tuturnya. (kli)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

CIREBON

Program 35.000 MW, Pembangunan PLTU Cirebon II Mencapai 61 Persen

Published

on

Para pekerja sedang melakukan pekerjaan disekitar kawasan PLTU 2 Cirebon.

Jabarraya.com, Jakarta – Perusahaan pembangkit listrik swasta independen power producer (IPP) Cirebon Power terus mengoptimalkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cirebon 2 berkapasitas 1.000 megawatt (MW) yang sudah mencapai 61 persen.

Kapasitas 1.000 MW tersebut yang merupakan bagian dari program listrik 35.000 MW

“Konsentrasi kami saat ini pada pekerjaan konstruksi fisik, dan manufacturing beberapa fasilitas utama pembangkit,” kata Presiden Direktur Cirebon Power Hisahiro Takeuchi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Hingga saat ini tidak ada kendala yang menghambat pembangunan tersebut sehingga PLTU tersebut diharapkan bisa beroperasi atau “commercial operational date/COD” pada 2022, sesuai dengan Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN.

“Semuanya berjalan dengan optimal, untuk memenuhi target operasional atau COD pada tahun 2022,” ujar Hisahiro.

PLTU Cirebon 2 menggunakan teknologi batu bara ramah lingkungan dengan teknologi “ultra super critical”.

Dengan teknologi itu, PLTU ini disebut bisa meningkatkan efisiensi hingga 40 persen untuk membakar batubara kalori 4.000-4.600 kcal/kg. Nantinya, pembangkit dengan nilai investasi sebesar 2,1 miliar dolar AS ini akan mengkonsumsi sekitar 3,5 juta ton batu bara dalam setahun.

Cirebon Electric Power ini merupakan konsorsium yang terdiri atas lima perusahaan yang dimiliki oleh mayoritas PT Marubeni dengan kepemilikan saham 35 persen, PT Indika Energy sebesar 25 persen. Lalu, Samtan Ltd 20 persen, Korea Midland Power Co., Ltd sebesar 10 persen, dan Jera Power 10 persen.

Di pembangkit yang pertamanya, yang saat ini sudah beroperasi, PLTU Cirebon 660 MW, Cirebon Power menggunakan teknologi ramah lingkungan Super Cricital (SC) yang sudah berdiri sejak 2012.

Hisahiro mengatakan, Cirebon Power merupakan perusahaan yang berkomitmen dalam pelestarian lingkungan melalui tekonologi. Bahkan, Cirebon Power juga mengincar pembangunan energi baru terbarukan karena selain keramahan lingkungan, renewable energy adalah kebutuhan dan peluang di masa depan.

Perusahaan yang sedang mengembangkan pembangunan PLTS tersebut menerapkan program pelestarian lingkungan yang dinamakan A Harmony of Advance Technology and Green Commitment for Sustainable Environment”.

Perusahaan ini banyak mendapat penghargaan pelestarian lingkungan di tingkat nasional maupun internasional. Salah satunya, pada Jumat (13/9/2019), di JIExpo, Kemayoran Jakarta, Cirebon Power mendapatkan penghargaan ASEAN Enggineering Achievement Awards, dalam acara CAFEO037 yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Hisahiro Takeuchi mengatakan, penghargaan ini menjadi verifikasi atas komitmen dan konsistensi Cirebon Power untuk menerapkan program pemeliharaan dan peningkatan kualitas lingkungan di kawasan pembangkit. (res)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending